Posted by : Unknown
Minggu, 16 Februari 2014
Perawatan Khusus Mesin Motor 4 Tak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Motor
- Dibaca: 1591 kali
1) periksa Busi Sepeda Motor
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. Cek busi, jika masih layak pakai bisa dipergunakan kembali. tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km, sebaiknya ganti. Cek juga kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Bila sudah tua, ada retakan dan pengerasan segera, ganti.
2) Cek Filter Karburator
Filter karburator terbagi dua jenis, yaitu basah dan kering. Model basah dibersihkan dengan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Umumnya otor keluaran tahun 1990 sampai 2000-an menggunakan jenis ini. Motor tahun 2000 ke atas biasanya menggunakan tipe kering. Perawatan tinggal disemprot dengan kompresor. Kelemahannya, wajib diganti setiap 25 ribu km dan tidak boleh kena oli atau minyak.
Filter oli pun harus diperhatikan Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi motor tahun 2000 ke atas menggunakan filter oli dan wajib diganti setiap kurang lebih 10ribu km.
3) Periksa Setelan rantai dan gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendur atau kencang. Bila kendur cukup di setel. Bila kering olesi dengan oli khusus rantai. Rantai biasanya diganti bila sudah 25ribu - 35ribu km. Periksa juga kondisi gir, kalau sudah tajam ganti segera untuk mencegah rantai putus tiba-tiba. Khusus motor matic yang menggunakan v/belt rantai tidak dapat di setel dan wajib diganti setiap 25 ribu km.